Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
mengigau-ketika-tidur-inthebox.jpg

8 Penyebab Mengigau Ketika Tidur yang Ternyata Berbahaya

16 January 2019

Beberapa dari kita mungkin punya kebiasaan mengigau ketika tidur dan tak jarang ada yang merasa khawatir takut rahasianya terbongkar. Nah, kali ini inthebox akan membahas mengenai apa saja penyebab mengigau atau penyebab ngigo yang sering dialami, namun jarang diketahui.

Apa Itu Mengigau?

Mengigau adalah kondisi seseorang berbicara atau bergerak ketika sedang tidur dan dalam keadaan setengah sadar. Kebiasaan mengingau ketika tidur bisa dialami oleh siapa saja, namun pada umumnya dialami oleh anak-anak. Meskipun demikian, orang dewasa berusia 25 tahun ke atas juga bisa mengalami kondisi ini.

Terkesan sebagai kebiasaan umum yang dialami oleh banyak orang, tentu membuat mengigau saat tidur pun dianggap hal biasa dan disepelekan. Kenyataannya, ngigau mendandakan bahwa ada pola hidup yang tidak sehat atau bahkan tanda penyakit, sehingga penyebab mengigau harus dicari tahu..

Banyak orang yang lebih khawatir kalau rahasianya akan terbongkar ketika mengingau. Apakah hal tersebut akan terjadi?

Kamu tidak perlu khawatir karena kenyataannya, kata-kata yang keluar waktu mengigau saat tidur hanya singkat dan cenderung tidak masuk akal. Bukan hanya itu, mengigau atau ngigo juga hanya terjadi sesaat dalam waktu singkat, tepatnya hanya beberapa detik.

Penyebab Ngigo atau Penyebab Mengigau Ketika Tidur

Seseorang yang sering mengigau di malam hari tentu akan bertanya-tanya akan apa yang mengebabkan dirinya seperti itu karena disadari atau tidak, kebiasaan ini juga bisa mengganggu orang di sekitar, apalagi jika suara yang dihasilkan cukup kencang.

Ini dia penyebab ngingo atau mengigau yang sering terjadi dan jarang diketahui:

1. Sedang Sakit Demam

Jika kamu sedang sakit atau lebih tepatnya demam, maka bukan hal aneh jika mengalami mengigau ketika tidur. Saat tubuh sedang demam, maka organ-organ di dalamnya pun tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, sehingga tidak aneh jika kamu ngigau, apalagi ketika suhu tubuh sedang sangat tinggi.

2. Kurang Tidur atau Istirahat

Penyebab mengigau yang selanjutnya adalah kurang tidur atau kurang istirahat. Ketika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka organ-organ tubuh pun ada yang mengalami kelelahan. Kondisi inilah yang menjadikan kamu mengigau saat tidur.

3. Sedang Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Kondisi yang satu ini sebenarnya berkaitan erat dengan poin pertama yaitu kondisi kesehatan. Bukan hanya mengonsumsi obat demam, jika kamu menderita penyakit lain dan diharuskan mengonsumsi obat-obatan, maka kamu akan sangat rentan mengalami kondisi mengigau.

4. Emosi Sedang Tidak Stabil

Perlu dipahami dulu bahwa emosi yag dimaksud di sini bukan hanya dalam kondisi marah, kesal, atau sedih, tapi termasuk juga perasaan yang terlalu bahagia. Emosi yang tidak stabil ini memang bisa menjadi salah satu penyebab ngingo dan bisa dibilang sudah banyak yang mengalaminya.

5. Mengonsumsi Alkohol atau Zat Terlarang

Bukan hanya menonsumsi obat-obatan saat sakit, ternyata ngigau juga bisa terjadi kalau kamu punya kebiasaan minum alkohol atau mengonsumsi zat-zat terlarang. Ini akan memengaruhi sistem tubuh, sehingga bisa mengigau.

6. Fator Genetik atau Keturunan

Penyebab mengigau juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Apabila ada anggota keluarga, terutama orang tua yang memang sering mengigau saat tidur, maka besar kemungkinan kamu juga akan berisiko mengalami hal serupa.

7. Gangguan Tidur Berbahaya

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak jenis gangguan tidur yang bisa dialami, dari mulai yang sederhana hingga yang tergolong akut. Jika mengigau ketika tidur tergolong sering, maka bisa saja hal tersebut merupakan tanda gangguan tidur serius, misalnya sleep apnea.

8. Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Khusus penyebab mengingau yang satu ini pada umumnya hanya terjadi kepada orang yang berusia lebih dari 25 tahun. Meskipun demikian, kalau kamu berusia 25 tahun ke atas dan sering mengigau, jangan langsung panic dan menyimpulkan sedang mengalami gangguan kesehatan mental.

Itu dia berbagai penyebab ngigo yang tidak banyak orang tahu. Solusinya? Kamu bisa coba untuk tidak terlalu lelah, tidur cukup, dan pastikan tidur nyenyak dengan menggunakan kasur spring bed INTHEBOX.

ARTIKEL LAINNYA

5 Tips Memilih Sprei yang Lembut, Nyaman, dan Bagus
5 August 2018
Sebagian orang pernah mengalami kesalahan saat membeli sprei, biasanya salah dalam memilih ukuran atau bahan. Kamu pernah mengalaminya? Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah dihindari apabila kamu tahu tips memilih sprei yang benar. Temukan caranya dalam artikel ini! Selengkapnya
Kamu Wajib Tahu! Pilihan Ukuran Kasur Standar mulai Single sampai King
15 July 2022
Tips memilih ukuran kasur standar yang cocok untuk kamu mulai ukuran Single sampai King, terdapat beberapa ukuran standar kasur di Indonesia yang biasanya digunakan, yuk cek selengkapnya! Selengkapnya
8 Cara Cegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Kasur
24 March 2020
Cara mencegah penyebaran virus Corona di kasur bisa dilakukan dengan beberapa cara. Selain rajin mencuci tangan dan mandi, pastikan juga membersihkan kasur dengan benar. Cek tipsnya! Selengkapnya
CS1