Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
Sembelit.jpg

4 Cara Cepat Mengatasi Sembelit Secara Alami Tanpa Obat

26 July 2022

Sembelit atau biasa juga dikenal dengan konstipasi merupakan kondisi kesehatan yang identik dengan mengalami sulit buang air besar, dan beberapa kondisi lainnya.

Dilansir Hallosehat, tubuh akan ditandai dengan keluhan susah buang air besar dan masalah pencernaan yang terasa setiap harinya. Hal ini tentu akan membuat kamu sulit untuk beraktivitas dan berkeseharian.

Umumnya sembelit atau konstipasi yang terjadi diawali dengan ciri tidak buang air besar atau BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Walaupun, frekuensi buang air besar akan berbeda pada setiap orang.

Normalnya manusia dewasa akan buang air besar sehari sekali dengan berat feses 600 gram - 1000 gram, dan minimal seminggu 3 kali seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Cara Alami Mengatasi Sembelit

Di luar sana tentu banyak obat yang bisa mengatasi sembelit atau konstipasi, namun tentu jika kamu bisa melakukannya secara alami tanpa bantuan obat kenapa tidak.

Berikut merupakan 5 cara alami mengatasi sembelit :

1. Minum Air Putih Lebih Banyak 

Cukup bukan berarti kurang dan banyak bukan berarti baik, orang yang mengalami sembelit perlu untuk memperhatikan kecukupan minum air putih tentu dengan jadwal yang teratur. 

Pastikan untuk selalu minum air putih lebih banyak dari biasanya, terlebih jika kamu beraktivitas tinggi dalam sehari. Sebab dehidrasi bisa memperburuk gejala sembelit yang Anda alami.

2. Lebih Banyak Berolahraga

Saat ini ada penelitian yang telah melaporkan bahwa aktivitas atau olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Terlebih jika gerakan yang dilakukan berhubungan langsung dengan otot di saluran cerna, usus dan perut.

Sementara penelitian lain mengaitkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak setiap hari dapat meningkatkan resiko sembelit. 

Oleh karena itu, ahli kesehatan saat ini merekomendasikan untuk meningkatkan olahraga agar melatih otot pencernaan dan feses bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, jogging atau sit up.

3. Makan Makanan Yang Lebih Banyak Serat

Asupan serat dalam makanan dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus.

Bagi kamu yang menderita sembelit sebaiknya menghindari makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, seperti susu, makanan berlemak, dan sayuran tertentu yang dapat meningkatkan gas di dalam perut. 

4. Coba BAB dengan posisi jongkok, bukan duduk

Jika kamu biasanya membuang air besar dengan keadaan duduk, cobalah untuk melakukannya dengan berjongkok. Mungkin bagi setiap orang yang sudah terbiasa dengan BAB duduk akan agak perlu menyesuaikan, namun berjongkok akan meluruskan sudut usus dan mengeluarkan feses lebih cepat.

Perlu kamu perhatikan saat melakukan ini, jangan pernah mencoba memaksa feses keluar dengan tenaga atau mengejan karena bisa memperburuk kondisi sembelit, bukan malah menyembuhkannya.

Kamu justru akan beresiko terkena wasir atau tonjolan dari jaringan anus, jika sembelit kamu telah berlangsung lebih dari seminggu dan tidak ada tanda membaik tentu inilah saatnya kamu menemui dokter untuk konsultasi. Selain itu, segera temui dokter jika sembelit Anda disertai pusing, kelelahan, kram, atau kejang.

Kamu bisa dapatkan tips mengenai kesehatan lainnya di sini

ARTIKEL LAINNYA

Posisi Tidur Saat Haid, Bebas Nyeri & Anti Tembus
28 August 2018
Nyeri saat haid seringkali dialami oleh sebagian wanita dan bahkan cukup mengganggu ketika tidur. Bukan hanya itu, banyak juga yang mengalami tembus atau bocor ke kasur saat menstruasi. Yuk, ketahui posisi tidur saat haid yang bebas nyeri dan anti tembus! Selengkapnya
10 Cara Mengatasi Badan Sakit Semua Saat Bangun Tidur
4 December 2018
Beberapa orang mungkin pernah mengalami badan sakit semua saat bangun tidur dan pegal linu. Hal ini dianggap wajar, padahal faktanya cukup mengganggu. Kali ini kita bahas bagaimana cara mengatasinya dengan mudah dan ampuh, Sek selengkapnya! Selengkapnya
4 Hal Menjijikan di Balik Bantal Kotor
22 October 2018
Ada banyak kotoran, kuman, dan bakteri di balik bantal kotor. Percaya atau tidak, ada berbagai hal menjijikan yang tidak terlihat di bantal dan bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kira-kira apa saja yang ada di balik bantal? Inthebox akan mengulasnya untuk kamu. Selengkapnya
CS1