Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
pexels-ketut-subiyanto-4545201-min.jpg

8 Dampak Positif Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan

28 January 2021

Kita mungkin sudah tahu kalau tidur lebih awal berdampak positif bagi kesehatan. Namun masih banyak dari kita yang abai dan membiasakan baru tidur saat larut malam. 

Tidur adalah kegiatan sederhana yang memberikan segudang dampak positif. Namun, tidak sembarangan, karena tidur sekali pun harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tubuh bisa merasakan manfaatnya.

Salah satu caranya adalah dengan tidur lebih awal. Berikut dampak positif tidur lebih awal bagi kesehatan yang akan memberikan banyak manfaat untukmu:


1. Lebih Berenergi Saat Beraktivitas

Tidur lebih awal, memberikan kita waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Dampak positifinya, kita lebih berenergi dan segar. Hal yang tidak akan kita dapatkan kalau tidur larut, sebaliknya, yang akan kita rasakan adalah mood yang kacau dan badan masih terasa capek.

2. Kulit Tampak Lebih Sehat

Perawatan kulit terbaik bukanlah produk kecantikan paling mahal, namun istirahat yang cukup. Kalau kamu biasa terjaga hingga larut malam, lama kelamaan akan ada kantung mata yang terlihat. 

Tidur lebih awal mampu membuat kulitmu lebih segar dan sehat di pagi hari. Hal ini dikarenakan, ketika kita beristirahat, tubuh kita memperbaiki banyak bagian termasuk kulit. Tidur lebih awal juga mampu memperlambat penuaan pada kulit. 

Jadi kalau mau memberikan dampak positif untuk kulit selain perawatan, caranya dengan tidur lebih awal.

3. Mengendalikan Berat Badan

Tidur lebih awal menghindarkan kamu dari makan saat larut. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, kalau masih terjaga saat larut malam, kita cenderung masih mengonsumsi makanan, khususnya cemilan. Hal ini bisa tubuh memiliki resiko obesitas lebih besar.

Selain itu, dengan tidur lebih awal. Tubuh punya waktu untuk memproses metabolisme sehingga badanmu tidak kelebihan berat badan.


4. Lebih Jarang Sakit

Tidur lebih awal membuat kamu punya waktu cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Tidur larut apalagi dilakukan dalam waktu yang lama dan terus-menerus bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah, yang artinya kamu bisa lebih mudah sakit.

5. Melindungi dari Serangan Jantung

Tidur yang cukup memberikan tubuh cukup waktu untuk beristirahat dan menurunkan tekanan darah. Mengingat banyaknya orang yang menderita serangan jantung hingga stroke yang diakibatkan tekanan darah yang tinggi.

Hal sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan memiliki waktu istirahat yang tepat.

6. Mengurangi Resiko Kanker

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan kalau orang-orang yang terbiasa beraktivitas hingga larut malam, beresiko mengganggu waktu alami tubuh untuk beristirahat dan lebih mudah terpapar karsinogen, zat yang dapat menyebabkan kanker.

7. Ingatan Kuat

Ingatan yang kuat bisa diciptakan hanya dengan tidur lebih awal. Dengan istirahat yang cukup, kemampuan untuk menyerap informasi meningkat dan kamu lebih fokus mengamati keadaan. 

Sebaliknya, kalau kita terbiasa tidur larut, dampak buruknya adalah kesulitan berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

8. Tidak Mudah Stress

Tidur lebih awal mengurangi resiko tubuh dalam keadaan stress. Karena banyak fungsi tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga, yang bisa berakibat dengan hadirnya hormon stress. 



Bagaimana kalau kamu kesulitan tidur lebih awal?

Solusi untuk kamu yang kesulitan tidur lebih awal, bisa mencoba dengan olahraga ringan dan mandi air hangat sebelum tidur. Dua hal ini bisa membuat tubuh lebih lelah dan lebih rilex untuk beristirahat. 

Selain itu, tidur di kasur yang nyaman juga menjadi kunci penting agar kamu bisa tidur lebih awal. Kasur INTHEBOX bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari tidur yang nyaman dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik.

ARTIKEL LAINNYA

5 Penyebab Ngantuk tapi Tidak Bisa Tidur, Ternyata...
13 September 2018
Kamu sering susah tidur, padahal tubuh sudah lelah? Tak jarang kita menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk mencari posisi tidur yang pas dan juga nyaman. Sebenarnya ada beberapa penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur dan cara mengatasinya. Yuk, baca sampai selesai! Selengkapnya
7 Cara Menghilangkan Tungau | Cepat, Alami, Mudah
25 July 2018
Kutu kasur atau tungau adalah hewan yang bentuknya tak kasat mata, ukurannya hanya 0,5 mm. Hewan kecil ini biasa bersarang di kasur, sofa, atau karpet dan cukup berbahaya. Kamu bisa menghilangkan tungau dengan cara mudah dan bahan alami berikut ini! Selengkapnya
7 Vitamin Kurang Tidur Akibat Insomnia & Sering Begadang
20 December 2018
Kamu punya gangguan insomnia atau sering begadang dan tubuh terasa lemas saat bangun tidur? Kalau begitu, kamu bisa coba konsumsi vitamin kurang tidur, muali dari yang berbentuk suplemen hingga yang alami dan berasal dari makanan. Ini penjelasan lengkapnya! Selengkapnya
CS1