Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
photo-1557304093-b2f0fe30e899.jpg

Begini 5 Cara Membuang Kasur yang Tidak Terpakai

5 December 2020

Hampir setiap orang mungkin tidak akan bingung kalau mau membuang sampah sehari-hari atau sampah rumah tangga. Ada tempat pembuangan sampah yang tersedia di sekitar rumah atau pun petugas kebersihan yang secara rutin mengumpulkan sampah. Lalu bagaimana kalau kita ingin membuang kasur yang sudah tidak terpakai? Baca sampai akhir agar kamu tahu cara membuang kasur yang tidak terpakai.

Cara Membuang Kasur yang Tidak Terpakai

1. Mendonasikan Kasur

Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk membuang kasur kita yang sudah tidak terpakai. Barangkali orang-orang di sekitar kita ada yang membutuhkan, maka mendonasikan kasur tersebut adalah jalan terbaik, dengan catatan kasur yang kita berikan masih layak pakai. 

Kalau kesulitan mencari orang yang membutuhkan, mendonasikan ke yayasan atau lembaga amal mungkin bisa jadi pilihan. 

2. Menjual Kasur

Meskipun kasur kamu sudah tidak terpakai, coba saja jual produknya ke toko barang bekas sekitar kamu atau kamu bisa jual kasurnya sendiri secara online. Karena tidak jarang orang mencari kasur bekas yang masih layak pakai, karena harganya yang jauh lebih murah dibanding harus membeli kasur baru.

3. Mendaur Ulang Kasur

Kamu bisa coba mendatangi tempat daur ulang di sekitar kamu. Sehingga material kasur kamu masih bisa digunakan untuk memproduksi barang lain.

4. Mengolah Material Kasur

Kalau kamu termasuk orang yang senang berkreasi atau memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk dilakukan. 

Kasur yang tidak terpakai bisa kamu bongkar dengan hati-hati. Ada busa, kayu, per, kain, besi, benang atau bagian lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat barang-barang lain.

Per atau besi yang tidak terpakai bisa kamu jual ke pengepul. Kain atau busa bisa kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan, karpet, isi bantal, bahkan spons untuk mencuci. Kayu bisa dimanfaatkan untuk berkebun atau membuat perlengkapan lain yang terbuat dari kayu.

5. Membuang Kasur

Kalau kamu berniat membuang sendiri kasurmu, cara yang paling mudah adalah membongkarnya terlebih dahulu. Kamu bisa melepaskan semua bagian busa, kain, dan bagian lain hingga hanya tersisa bagian rangka dan pegasnya saja. 

Bagian rangka atau pegas bisa kamu jual ke pengepul atau pemulung. Sedangkan busa, kain, dan lain-lain bisa kamu titipkan ke petugas di pembuangan sampah, setelah sampahnya terlebih dulu dimasukkan ke kantong sampah.

Kalau dirasa repot, kamu bisa mencari tahu informasi di sekitarmu untuk jasa pembuangan sampah besar seperti kasur. Bahkan di beberapa wilayah, pemerintah sudah berinisiatif menyediakan layanan jemputan sampah yang bisa membantu masyarakat membuang sampah-sampah besar, tanpa dipungut biaya.



Victor Amenze/Unsplash


Ada pun beberapa hal yang jangan kita lakukan untuk membuang kasur:

1. Membuang Kasur ke Sungai

Mungkin kita pernah melihat sungai yang penuh tumpukkan sampah dan salah satu di antaranya yang mencolok adalah sampah kasur. Hal ini bisa menghambat aliran sungai dan menyebabkan banjir.

2. Membakar Kasur

Limbah kasur yang besar jangan sampai dibakar, selain sulit mencari lahan yang bisa menampung ukuran kasur yang besar untuk dibakar. Hal itu juga bisa mengganggu sekitar, asap pembakarannya akan sangat mengganggu.

---

Mungkin memang tidak mudah membuang atau mengolah kasur karena ukurannya yang besar. Namun kalau kamu melakukannya dengan benar, kamu sudah berperan membantu lingkungan di sekitarmu menghadapi masalah sampah.

Nah sekarang setelah kamu sudah tahu cara membuang kasur lamamu. Kamu bisa cek koleksi kasur INTHEBOX yang bisa menggantikan kasur lamamu.

ARTIKEL LAINNYA

Mengenal Kasur Memory Foam dan Kelebihannya
26 December 2020
Beberapa tahun terakhir, kasur memory foam menjadi cukup populer di Indonesia. Kasur yang mampu meningkatkan kualitas tidur ini, ternyata memang telah direkomendasikan banyak ahli. Baca penjelasan lengkap mengenai kasur memory foam di sini ya! Selengkapnya
5 Posisi Tidur agar Bayi Tidak Sungsang (Nyaman)
15 October 2019
Mau bisa melahirkan normal? Coba posisi tidur agar bayi tidak sungsang yang juga nyaman bagi calon ibu. Sangat mudah dilakukan dan dijamin bisa tidur nyenyak. Cek posisi tidurnya dalam artikel ini! Selengkapnya
5 Tips Memilih Spring Bed yang Nyaman dan Awet
22 July 2018
Kamu lagi cari spring bed baru? Begini tips memilih spring bed yang bagus dan nyaman. Jangan sampai salah pilih karena bisa berakibat fatal pada kesehatan. Cek selengkapnya! Selengkapnya
CS1