Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-mencuci-bantal-dacron-inthebox.jpg

Cara Mencuci Bantal Dacron, Praktis dan Mudah

2 August 2018

Kalau sebelumya kita sudah pernah bahas cara mencuci spring bed, kali ini kita bahas juga cara mencuci bantal. Benda yang juga kita pakai setiap hari ini tentunya butuh dicuci agar bersih dan awet. Khusus kali ini, kita akan bahas mengenai cara mencuci bantal dacron.

Apa Itu Bantal Dacron?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita ketahui dulu apa itu bantal dacron. Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu istilah ini, padahal kamu sudah menggunakan bantal dacron.

Sebenarnya, dacron atau yang biasa disebut juga dengan dakron itu adalah salah satu merek dagang asal Inggris yang merupakan bahan tekstil Polyester Fiber Sintetis. Bahan ini kini semakin populer untuk dijadikan isian bantal, guling, bahkan boneka.

Nah, bantal dacron adalah bantal yang diisi oleh bahan dacron. Jadi, bentuknya sama saja dengan bantal pada umumnya, hanya saja isi bantalnya yang membedakan.

Cara Mencuci Bantal Dacron

Setelah tahu apa iu bantal dacron, kamu juga harus tahu bagaimana cara membersihkan bantal dacron. Bukan hanya dengan dijemur atau ditepuk-tepuk, tapi bantal dacron juga bisa dicuci, lho!

Kamu tak perlu khawatir dengan bentuk bantal yang tidak akan kembali seperti semula. Kenyataannya, kalau mencuci bantal dacron dilakukan dengan benar, maka bantal akan seperti semula dan bahkan bisa saja menjadi seperti baru.

Begini cara mencuci bantal dacron yang benar:

Mencuci Bantal Pakai Tangan

Cara mencuci bantal dacron yang pertama adalah dengan cara manual, alias tanpa bantuan mesin. Ini bisa jadi solusi untuk kamu yang bau mencuci bantal dengan hemat dan mudah. Begini cara mencuci bantal pakai tangan:

  • Sediakan wadah cuci berukuran besar
  • Rendam bantal selama 15 menit ke dalam air yang sudah dicampur detergen
  • Kucek secara perlahan atau gunakan sikat lembut secara perlahan
  • Rendam bantal ke dalam air bersih dan peras perlahan hingga sisa detergen hilang
  • Jemur bantal dacron di bawah sinar matahari hingga benar-benar hilang

Mencuci Bantal Pakai Mesin Cuci

Bukan hanya pakai tangan, kamu juga bisa mencuci bantal dacron pakai mesin cuci. Tentu cra ini tak kalah mudah dan juga praktis. Begini tata cara mencuci bantal dacron pakai mesin cuci:

  • Kosongkan isi mesin cuci dari cucian lain
  • Masukkan bantal dacron ke dalam mesin cuci
  • Tambahkan detergen cair secukupnya
  • Nyalakan mesin cuci dengan waktu tersingkat dan kecepatan putaran rendah
  • Bilas dan pastikan tak ada sisa detergen yang tertinggal

Sudah selesai? Tentu saja belum. Kamu masih harus mengeringkan bantal dacron yang sudah selesai disuci menggunakan mesin cuci. Terkait dengan hal ini, kamu bisa mengeringkan bantal dengan cara manual atau menggunakan pengering mesin cuci.

Begini cara mengeringkan bantal manual:

  • Keringkan dengan cara memerasnya, yaitu ditekan
  • Guncang bantal dacron agar isinya kembali ke bentuk semula
  • Jemur di bawah terik matahari
  • Guncang bantal setiap satu jam hingga bantal benar-benar kering

Lalu, begini cara mengeringkan bantal pakai pengering mesin cuci:

  • Masukkan bantal dan dua bola tenis ke dalam mesin pengering
  • Nyalakan mesin pengering dengan kecepatan rendah
  • Keluarkan bantal setiap 15 menit sekali untuk diguncang-guncang
  • Ulangi dan pastikan bantal dacron sudah benar-benar kering

Ternyata mudah ya mencuci bantal dacron sendiri di rumah? Cara manapun yang kamu pilih, hasilnya akan sama-sama bersih. Hal yang terpenting, kamu harus mencuci bantal secara rutin.

Oh, ya, kalau kamu mencari bantal berkualitas, kamu bisa pilih bantal INTHEBOX. Produknya dijamin mampu membuat tidurmu jauh lebih nyaman dan tentunya mudah dibersihkan.

ARTIKEL LAINNYA

Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat & Mudah
12 August 2018
Kebanyakan orang tidak merapikan tempat tidur di pagi hari dengan alasan tak punya banyak waktu karena sudah kesiangan. Sebenarnya hal ini bukan menjadi alasan karena nyatanya ad acara merapikan tempat tidur dengan cepat dan mudah. Seperti apa? Selengkapnya
Posisi Tidur untuk Penderita Skoliosis (Nyaman & Sakit Hilang)
23 May 2020
Posisi tidur yang baik untuk penderita skoliosis yaitu tidur miring dan telentang. Selain itu, ada beberapa tips dan panduan yang perlu diperhatikan agar nyeri pungung hilang dan bisa tidur dengan nyenyak. Apa saja? Selengkapnya
Kasur Terbaik untuk Bercinta (Tips & Kriteria)
25 August 2018
Bukan hanya untuk istirahat, kasur juga menjadi area favorit untuk aktivitas ranjang atau berhubungan seks bersama pasangan. Oleh karena itu, jangan asal pilih. Kamu harus tahu seperti apa kasur terbaik untuk bercinta agar lebih nyaman dan romantis! Selengkapnya
CS1