Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
Sembelit.jpg

4 Cara Cepat Mengatasi Sembelit Secara Alami Tanpa Obat

26 July 2022

Sembelit atau biasa juga dikenal dengan konstipasi merupakan kondisi kesehatan yang identik dengan mengalami sulit buang air besar, dan beberapa kondisi lainnya.

Dilansir Hallosehat, tubuh akan ditandai dengan keluhan susah buang air besar dan masalah pencernaan yang terasa setiap harinya. Hal ini tentu akan membuat kamu sulit untuk beraktivitas dan berkeseharian.

Umumnya sembelit atau konstipasi yang terjadi diawali dengan ciri tidak buang air besar atau BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Walaupun, frekuensi buang air besar akan berbeda pada setiap orang.

Normalnya manusia dewasa akan buang air besar sehari sekali dengan berat feses 600 gram - 1000 gram, dan minimal seminggu 3 kali seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Cara Alami Mengatasi Sembelit

Di luar sana tentu banyak obat yang bisa mengatasi sembelit atau konstipasi, namun tentu jika kamu bisa melakukannya secara alami tanpa bantuan obat kenapa tidak.

Berikut merupakan 5 cara alami mengatasi sembelit :

1. Minum Air Putih Lebih Banyak 

Cukup bukan berarti kurang dan banyak bukan berarti baik, orang yang mengalami sembelit perlu untuk memperhatikan kecukupan minum air putih tentu dengan jadwal yang teratur. 

Pastikan untuk selalu minum air putih lebih banyak dari biasanya, terlebih jika kamu beraktivitas tinggi dalam sehari. Sebab dehidrasi bisa memperburuk gejala sembelit yang Anda alami.

2. Lebih Banyak Berolahraga

Saat ini ada penelitian yang telah melaporkan bahwa aktivitas atau olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Terlebih jika gerakan yang dilakukan berhubungan langsung dengan otot di saluran cerna, usus dan perut.

Sementara penelitian lain mengaitkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak setiap hari dapat meningkatkan resiko sembelit. 

Oleh karena itu, ahli kesehatan saat ini merekomendasikan untuk meningkatkan olahraga agar melatih otot pencernaan dan feses bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, jogging atau sit up.

3. Makan Makanan Yang Lebih Banyak Serat

Asupan serat dalam makanan dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus.

Bagi kamu yang menderita sembelit sebaiknya menghindari makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi, seperti susu, makanan berlemak, dan sayuran tertentu yang dapat meningkatkan gas di dalam perut. 

4. Coba BAB dengan posisi jongkok, bukan duduk

Jika kamu biasanya membuang air besar dengan keadaan duduk, cobalah untuk melakukannya dengan berjongkok. Mungkin bagi setiap orang yang sudah terbiasa dengan BAB duduk akan agak perlu menyesuaikan, namun berjongkok akan meluruskan sudut usus dan mengeluarkan feses lebih cepat.

Perlu kamu perhatikan saat melakukan ini, jangan pernah mencoba memaksa feses keluar dengan tenaga atau mengejan karena bisa memperburuk kondisi sembelit, bukan malah menyembuhkannya.

Kamu justru akan beresiko terkena wasir atau tonjolan dari jaringan anus, jika sembelit kamu telah berlangsung lebih dari seminggu dan tidak ada tanda membaik tentu inilah saatnya kamu menemui dokter untuk konsultasi. Selain itu, segera temui dokter jika sembelit Anda disertai pusing, kelelahan, kram, atau kejang.

Kamu bisa dapatkan tips mengenai kesehatan lainnya di sini

ARTIKEL LAINNYA

Mimpi Basah: Pengertian, Penyebab, dan Fakta Unik
13 October 2018
Mimpi basah sering dikaitkan sebagai tanda pubertas pada pria. Faktanya, seseorang bisa beberapa kali mengalami mimpi basah. Oleh karena itu, kali ini inthebox akan memberikan informasi mengenai penyebab dan fakta unik mimpi basah. Percaya atau tidak, wanita juga bisa mengalaminya, lho! Selengkapnya
8 Cara Mengatasi Ibu Menyusui	Susah Tidur (Paling Mudah)
11 February 2019
Ada banyak faktor penyebab ibu menyusui susah tidur, terutama karena si kecil yang sering terbangun di malam hari. Jika dibiarkan, maka hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Segera lakukan cara mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui. Ternyata mudah! Selengkapnya
7 Tips WFH Produktif Meski di Kasur, Wajib Siapkan Ini!
30 March 2020
Work from home (WFH) produktif meski di atas kasur sangat mudah. Siapkan beberapa perlengkapan atau alat kerja ini agar target harian bisa tercapai dengan baik. Kerja dari rumah dijamin nyaman dan menyenangkan. Selengkapnya
CS1