Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
apa-itu-tidur-inthebox.jpg

Pengertian Tidur Menurut Para Ahli (Dilengkapi Istilah)

4 September 2018

Pasti kamu tahu apa yang dimaksud dengan tidur, namun terkadang kita bingung bagaimana cara menjelaskan apa itu tidur kepada orang lain. Kali ini, InTheBox akan membahas pengertian tidur menurut para ahli yang sudah dirangkum melalui dari berbagai sumber.

Apa Itu Tidur?

Tidur adalah proses istirahat bagi semua makhluk hidup dan bahkan ini sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Ketika kita tidur, daya tanggap pasti akan berkurang karena beberapa organ ada yang beristirahat.

Faktanya, manusia hampir menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur dan beristirahat. Tentu saja hal ini masuk akal mengingat setiap harinya kita butuh waktu tidur beberapa jam untuk kembali memulihkan stamina tubuh.

Pengertian Tidur Menurut Para Ahli

Setelah di atas kita bahas mengenai apa itu tidur secara general, kini kita bahas juga apa pengertian tidur menurut para ahli. Tentunya ini inthebox dapatkan dari berbagai sumber. Ini dia berbagai penjelasan menurut para ahli:

  • Tidur adalah suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya (Guyton & Hall, 1997).
  • Tidur adalah kondisi hilangnya kesadaran secara priodik dan normal (Lannywati, 2001).
  • Tidur merupakan proses fisiologis yang bersiklus bergantian dengan periode yang lebih lama dari keterjagaan (Potter & Perry, 2005).
  • Tidur adalah suatu keadaan tidak sadar yang menyebabkan reaksi individu terhadap lingkungan sekitar menurun bahkan hilang (Wahid dan Nurul, 2007).

Nah, jika melihat semua pengertian tidur yang ada di atas,maka dapat disimpulkan bahwa tidur adalah kondisi tidak sadar yang membuat pelakunya tidak bisa berinteraksi dengan sekitarnya. Reaksi baru bisa dilakukan lagi jika pelakunya sudah bangun.

Istilah-Istilah Tidur

Setelah mengetahui pengertian tidur, kamu juga perlu tahu istilah-istilah tidur. Istilah ini biasanya memang lebih dikenal di dunia kedokteran, namun tak ada salahnya bukan untuk menambah ilmu?

Langsung saja, istilah-istilah tidur adalah:

  • Pradormitium
  • Postdormitium
  • Somnologie

Apa yang dimaksud dengan ketiga istilah di atas? Begini penjelasannya:

  • Pradormitiujm adalah fase peralihan ketika masih sadar menuju tidur. Pada fase ini, biasanya kita masih sadar dan bisa mendengar suara di sekitar.
  • Postdormitium adalah kebalikan dari pradormitium. Ini merupakan fase peralihan saat tidur untuk kembali sadar. Kebanyakan orang tidak menyadari sedang mengalami fase ini.
  • Somnologie adalah salah satu ilmu kedokteran yang secara khusus mempelajari mengenai gangguan tidur.

Itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian tidur. Kini kamu bisa dengan mudah menjelaskan apa itu tidur tanpa ada rasa bingung.

Ngomong-ngomong soal tidur, kamu harus memerhatikan kasur dan bantal yang dipilih agar tubuh bisa istirahat dengan sangat maksimal. Pilihlah perlengkapan tidur yang nyaman dari INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikannya.

Cek pilihan kasur INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Merk Kasur Terbaik yang Bagus dengan Harga Murah
15 January 2019
Tidak bisa dipungkiri kalau ada banyak merk dan jenis kasur di pasaran, sehingga kita bingung untuk memilih mana yang paling bagus dengan harga murah. Oleh karena itu, ketahui apa dan seperti apa merk kasur terbaik yang bagus agar tidak salah beli. Selengkapnya
Ukuran Kasur No 2: Setara Kasur Queen atau Dobel
5 January 2019
Pernah dengar seseorang menyebut ukuran kasur no 2? Kira-kira ukurannya berapa, ya? Nah, jangan sampai kamu tidak tahu karena bisa saja kamu salah beli sprei atau kelambu karena tidak tahu ukuran kasur yang benar. Baca tuntas ulasan singkat dari inthebox, deh! Selengkapnya
6 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari
31 July 2018
Tak jarang seseorang malas merapikan tepat tidur di pagi hari. Kalau kamu salah satunya, maka mulai sekarang segera ubah kebiasaan ini karena nyatanya banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari merapikan dan membersihkan tempat tidur. Apa saja? Selengkapnya
CS1