Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
telapak-kaki-sakit-saat-bangun-tidur-inthebox.jpg

Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur? Ini 9 Penyebabnya!

8 November 2019

Pusing saat bangun tidur mungkin pernah dialami oleh sebagian orang, lalu bagaimana dengan telapak kaki sakit saat bangun tidur? Beberapa orang juga ada yang mengalami hal ini. Kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Pertama-tama mari kita bahas apa penyebabnya. Sebenarnya ada banyak penyebab dari kondisi seperti ini. Beberapa penyebabnya yaitu terjadi gangguan di area sendi, saraf, otot, ligamen, tulang, atau bahkan jaringan lain di sekitar kaki.  

Pada banyak kasus, penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur di antaranya:

  • Sering pakai sepatu hak tinggi
  • Penyakit imun
  • Asam urat berlebih
  • Obesitas
  • Keseleo
  • Mata ikan
  • Kapalan
  • Berdiri atau berjalan terlalu lama
  • Plantar fascitis

Nah¸ dari sekian banyak penyebab di atas, kondisi yang paling sering dialami adalah plantar fascitis atau radang lapisan fascia. Lapisan ini cukup tebal dan menghubungkan antara tumit hingga jari kaki. Pada umumnya, kondisi ini dialami oleh seseorang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Biasanya seseorang yang mengalami telapak kaki sakit saat bangun tidur akan merasakan nyeri di salah satu atau kedua telapak kaki. Tentu hal ini akan sangat mengganggu untuk beraktivitas seharian karena tentu kita akan menggunakan telapak kaki setiap saat.

Gejala Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, telapak kaki sakit saat bangun tidur banyak ditemui karena plantar fascilis. Meskipun demikian, memang diperlukan pemeriksaan khusus untuk menentukan apa penyebab pastinya.

Perlu diketahui bahwa penyebab plantas fasciitis adalah karena aktivitas fisik yang berlebihan hingga diabetes. Gejala yang dialami bisa berupa rasa sakit seperti ditusuk atau bahkan terbakar di bagian telapat kaki dan rasa nyeri ini tak kunjung hilang.

Telapak kaki sakit saat bangun tidur tidak terjadi begitu saja. Biasanya rasa nyeri sudah mulai muncul dan terasa pada malam hari dan semakin memburuk ketika bangun tidur. Ini disebabkan oleh bagian yang berkontraksi semalaman, meski tubuh sedang tidur.

Rasa sakit ini biasanya akan berangsur-angsur menghilang ketika sudah dipakai berjalan-jalan. Sayangnya, beberapa kasus juga ditemukan bahwa rasa nyeri akan kembali muncul ketika berdiri atau berjalan terlalu lama dan juga ketika berdiri dari tempat duduk.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, tentu kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatasi sakit kaki saat bangun tidur. Pada umumnya, kasus seperti ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan apapun, namun tentu membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 hari.

Jika rasa sakit tetap bertahan dan tak kunjung hilang, maka taka da salahnya untuk menggunakan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, paracetamol, asam mefenamat, natrium diklofenak, dan lainnya. Kamu juga bisa melakukan beberapa cara sederhana seperrti mengompres telapak kaki yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit dan lakukan ini sekitar 3 – 4 kali sehari.

Cara mengatasi telapak kaki sakit saat bangun tidur yang selanjutnya juga bisa dengan mengurangi pergerakan yang melibatkan langsung telapak kaki. Hindari juga berdiri terlalu lama dan menopang benda berat.

Apabila rasa sakit semakin mengganggu, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis. Nantinya bagian telapak kaki yang sakit akan diperiksa lebih lanjut untuk kemudian dilakukan beberapa tindakan, seperti fisioterapi, suntik steroid, atau bentuk terapi lainnya.  

Itu dia sekilas bahasan mengenai telapak kaki sakit saat bangun tidur. Meski terasa sakit, jangan sampai kamu tidak tidur semalaman karena malah akan memperparah rasa sakitnya. Oleh karena itu, gunakan spring bed INTHEBOX agar tubuh terasa lebih rileks dan bisa beristirahat. 

ARTIKEL LAINNYA

Cara Aman Cepat dan Mudah Membasmi Kutu Kasur
19 July 2022
Kutu kasur atau biasanya kita sebut dengan tungau akan sangat menyebalkan terlebih jika kamu sudah pernah digigit oleh makhluk kecil ini. Kutu kasur atau yang biasanya juga disebut dengan kutu busuk adalah sejenis serangga yang hidup dengan menghisap darah inangnya, atau Selengkapnya
5 Tips Memilih Sprei yang Lembut, Nyaman, dan Bagus
5 August 2018
Sebagian orang pernah mengalami kesalahan saat membeli sprei, biasanya salah dalam memilih ukuran atau bahan. Kamu pernah mengalaminya? Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah dihindari apabila kamu tahu tips memilih sprei yang benar. Temukan caranya dalam artikel ini! Selengkapnya
Cara Meninggikan Badan dengan Tidur (Cepat & Aman)
26 September 2018
Percaya atau tidak, tidur bisa menjadi cara meninggikan badan yang efektif dan juga aman! Kamu salah satu orang yang ingin cepat tinggi? Tinggalkan pikiran untuk mengonsumsi obat peninggi badan. Cukup tidur di atas kasur INTHEBOX dan lakukan beberapa tips ini. Tubuhmu pasti jadi cepat tinggi! Selengkapnya
CS1