Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
tidur-sambil-duduk-inthebox.jpg

Tidur Sambil Duduk Disebut Berbahaya, Benarkah?

6 January 2019

Kita semua tentu pernah tidur sambil duduk, terutama ketika sedang dalam perjalanan. Yap, posisi tidur ini memang menjadi solusi ketika tubuh sedang lelah, namun kondisinya tidak memungkinkan kita untuk berbaring. Banyak yang bilang ini berbahaya, apakah benar?

Kapan Biasanya Seseorang Tidur Sambil Duduk?

Pertanyaan ini tentu sangat mudah dijawab. Kebanyakan orang pasti akan menjawab ketika sedang bepergian ke luar kota dalam jarak yang cukup jauh. Sebagian lagi tentu ada yang menjawab ketika saat berada di kantor karena tak kuasa menahan kantuk.

Ya, tidur sambil duduk adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, banyak juga yang mencuri kesempatan untuk tidur di sela-sela aktivitas karena memang kurang tidur semalaman atau tubuh terlalu lelah bekerja, hingga akhirnya merasa lemas.

Mitos Tidur Sambil Duduk: Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Jika kamu mencari informasi ini di internet, mungkin kamu akan menemukan beberapa sumber yang menyebutkan bahaya tidur sambil duduk. Tak tanggung-tanggung, bahayanya pun cukup mengerikan karena menyangkut kesehatan.

Ini dia beragam bahaya tidur sambil duduk yang banyak dipercaya orang:

1. Sakit Pinggang

Bahaya tidur sambil duduk yang pertama adalah sakit pinggang. Hal ini memang wajar terjadi karena jika ditelaah lagi, posisi tidur seperti ini akan membebani bagian pinggang, sehingga bisa saja menyebabkan nyeri. Sebetulnya hal ini tidak akan menjadi bahaya jika kamu memerhatikan posisi duduk yang baik.

2. Penggumpalan Darah

Terdengar mengerikan, apakah benar ini salah satu bahaya tidur sambil duduk?

Mungkin ini berkaitan dengan kondisi di mana aliran darah yang menjadi tidak normal ketika seseorang terlalu lama duduk.  Meskipun demikian, sesungguhnya hal ini bukan menjadi ancaman untuk kamu yang mencoba tidur sebentar. Ini akan jadi berbahaya jika kamu biasa tidur sambil duduk selama berjam-jam, bahkan lebih dari 8 jam.

3. Kerusakan Tulang Belakang

Membayangkannya saja pasti sudah takut. Sesungguhnya ini masih dikaitkan dengan poin nomor 1. Posisi tidur sambil duduk akan memengaruhi posisi tulang punggung dan pinggang kamu. Ada juga yang bilang kalau kebiasaan ini bisa membuat seseorang menjadi bungkuk jika dilakukan terlalu sering.

Jadi, Apakah Tidur Sambil Duduk Berbahaya?

Setelah INTHEBOX bertanya langsung kepada ahli, ternyata tidur sambil duduk tidak berbahaya bagi kesehatan. Alasannya yaitu karena kita tidak melakukannya setiap saat dan saat tidur malam selama berjam-jam. Jadi, sesungguhnya tidak ada masalah kesehatan yang akan mengintai.

Pada intinya, tidak apa-apa kalau tidur sambil duduk untuk memulihkan kembali energi yang hilang. Jangan sampai kamu jadikan kebiasaan ini untuk dilakukan setiap malam atau setiap tidur. Usahakan juga kamu selalu berbaring ketika tidur jika situasinya memungkinkan.

Seperti yang sudah sering inthebox bahas, posisi tidur yang benar akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Jadi, tidur bukanlah sekadar untuk beistirahat dan memejamkan mata, tapi kamu juga harus tidur dengan posisi yang benar. Kamu harus tetap memastikan kalau bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman semalaman.

Solusinya?

Tentu saja dengan pakai kasur yang nyaman untuk mendapatkan istirahat berkualitas. Salah satu merek kasur bagus yang direkomendasikan adalah INTHEBOX. Kasur INTHEBOX adalah salah satu spring bed berteknologi modern yang kenyamanannya sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang. Tidak percaya? Cek saja testimoni dari para penguna kasur spring bed INTHEBOX di sini. Jangan sampai tidak mencobanya sendiri, ya!

ARTIKEL LAINNYA

5 Akibat Makan di Tempat Tidur atau Kasur
5 December 2018
Apakah kamu salah satu orang yang suka ngemil atau makan di atas kasur? Beberapa orang sering melakukan hal ini karena dianggap menyenangkan dna bisa bersantai, namun ternyata ada akibat makan di tempat tidur yang tidak disadari. Kira-kira apa saja?  Selengkapnya
11 Posisi Tidur Pasangan yang Romantis dan Artinya
26 September 2019
Seperti apa posisi tidur bersama pasanganmu? Ada banyak pilihan posisi tidur pasangan yang romantis disertai dengan berbagai arti yang tak terduga. Coba cek posisi tidur favorit kalian dan temukan apa maknanya dalam artikel ini! Selengkapnya
Kelebihan Kasur INTHEBOX X, Spring Bed Pilihan Raffi Ahmad
31 August 2019
Kasur INTHEBOX X adalah inovasi terbaru yang dirancang dengan desain lebih elegan. Memiliki banyak kelebihan, spring bed INTEBOX X menjadi pilihan Raffi Ahmad untuk memberikan kenyamanan tidur bagi keluarga kecilnya. Selengkapnya
CS1