Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
Kutu Kasur1.jpg

Cara Aman Cepat dan Mudah Membasmi Kutu Kasur

19 July 2022

Kutu kasur atau biasanya kita sebut dengan tungau akan sangat menyebalkan terlebih jika kamu sudah pernah digigit oleh makhluk kecil ini.

Kutu kasur atau yang biasanya juga disebut dengan kutu busuk adalah sejenis serangga yang hidup dengan menghisap darah inangnya, atau dalam kata lain mereka membutuhkan makhluk hidup lain untuk hidup. Mereka sangat tahan akan suhu dan lingkungan yang kering sekaligus lembab.

Oleh karena itu serangga ini sangat sulit untuk dihilangkan terlebih jika sudah hidup lama di kasur rumah mu. Terlebih jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut akan membuat kamu makin sulit untuk memusnahkan kutu kasur ini.

Menggunakan bahan kimia akan sangat beresiko terlebih jika terhirup oleh hidung dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, kali ini winbox mau kasih tahu kamu cara cepat dan mudah membasmi kutu kasur, cek selengkapnya.

Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Kasur

Sebelum kamu membasmi kutu kasur, tentu ketahui dulu tanda-tanda keberadaan serangga menyebalkan satu ini, dengan tubuhnya yang kecil tentu sangat sulit jika kamu mendeteksinya dengan mata telanjang

Dilansir dari Orami, beberapa keberadaan kutu kasur yang bisa kamu deteksi melalui ciri berikut :

  1. Sering ditemukannya noda darah baik di sprei atau di kasur milik mu
  2. Munculnya bau apek dari permukaan kasur
  3. Noda berwarna kecoklatan atau kehitaman yang menempel di kasur, ini merupakan kotoran dari kutu kasur
  4. Kulit sering gatal karena menyentuh permukaan kasur

Apabila kamu menemukan beberapa ciri dari yang ada di atas, maka bisa dipastikan kutu kasur atau kutu busuk sudah ada di kasur yang kamu gunakan setiap harinya.

Cara Membasmi Kutu Kasur Sampai ke Akar-Akarnya

Kamu bisa lakukan beberapa metode ini dengan urut agar serangga ini bisa hilang tanpa menimbulkan bahaya untuk kesehatan mu, terlebih kamu perlu menghindari menggunakan bahan kimia.

1. Mencari darimana Kutu Kasur berasal


Hal pertama adalah kamu perlu mengecek darimana asal muasal kutu kasur ini, karena dengan mengetahui hal ini maka kamu bisa mempersingkat waktu pembersihkan agar tidak terulang kembali.

Tanda termudah kamu dapat menemukan sumber nya adalah dengan mengukur sudut permukaan kasur yang paling bau apek dengan noda terkotor / tergelap. Biasanya serangga ini akan hidup bergerombol dengan area yang menyudut, kamu bisa cek celah sempit dekat dinding, divan, dan lipatan bantal.

Kaca pembesar dan senter akan sangat memudahkan kamu untuk mengecek serang kecil ini.

2. Pakai Vakum Cleaner dan hindari Menggunakan Sikat


Membasmi kutu kasur menggunakan vacuum cleaner adalah cara yang paling mudah dan cepat, namun perlu diingat kamu wajib menyedot kotoran hingga ke sela-sela terdalam. Dengan ini diharapkan kedepannya tidak akan ada kutu kasur lagi.

Jangan lupa untuk mencuci vakum kembali dengan air hangat, dan buang kotoran kedapat plasti yang diikat, dan buang segera.

3. Pisahkan setiap Barang yang terkena Kontak Langsung


Serangga satu ini akan sangat mudah untuk menyebar melalui benda apapun itu. Maka kamu perlu memindahkan barang yang terkena sentuhan langsung dengan kasur, dan usahakan segera untuk mencucinya dengan air panas sampai benar-benar kering.

Untuk barang yang tidak bisa di cuci semisal elektronik dan perangkat keras lain, kamu bisa mengelapnya menggunakan alkohol hingga bersih.

4. Mencuci bahan kain dengan Air Panas


Salah satu hal terpenting lainnya adalah dengan mencuci bahan kain yang telah kontak langsung dengan kasur. Misalnya, selimut, sprei, baju dan bantal serta sarung nya, kamu bisa melakukannya seperti kamu mencuci biasa, namun gunakan air panas untuk benar-benar menghilangkan kutu kasur ini. Cuci Sprei secara benar untuk menghindari kejadian yang sama berulang.

Namun perlu diingat kamu pun perlu melihat apa bahan kain yang akan dicuci tahan panas dan tak akan rusak jika terkena air suhu tinggi, jangan sampai kamu rugi dua kali ya.

5. Jemur bahan kain langsung dibawah terik matahari.


Hal ini dapat menjadi langkah paling tepat untuk membasmi kutu kasur dan juga langkah preventif. Suhu matahari yang panas akan membuat kutu kasur mati dengan sendiri.

6. Menggunakan Pembasmi Kutu


Minbox sarankan untuk menggunakan langkah ini sebagai cara terakhir, walaupun sudah pasti efektif tapi mungkin akan membuat efek jangka panjang. Beberapa Pembasmi kutu yaitu, alkohol, minyak esensial maupun insektisida khusus kutu kasur.

Perlu diingat dengan menggunakan bahan di atas kasur kamu akan memiliki bau yang khas sesuai dengan cairan yang kamu gunakan.

7. Mencari Bantuan Profesional


Banyak faktor yang bisa terjadi, maka apabila kamu masih belum bisa juga mengusir serangga ini dari kasur, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk membersihkan kasur. Tentu dengan menyesuaikan permintaan, termasuk produk yang aman untuk rumah dan kasur kamu.

Itu merupakan beberapa cara cepat dan mudah untuk membasmi kutu kasur tanpa bahaya dan aman untuk rumah dan kasur mu. Dapatkan update mengenai artikel menarik lainnya di sini

ARTIKEL LAINNYA

8 Cara Mengatasi Ibu Menyusui	Susah Tidur (Paling Mudah)
11 February 2019
Ada banyak faktor penyebab ibu menyusui susah tidur, terutama karena si kecil yang sering terbangun di malam hari. Jika dibiarkan, maka hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Segera lakukan cara mengatasi kurang tidur pada ibu menyusui. Ternyata mudah! Selengkapnya
5 Akibat Makan di Tempat Tidur atau Kasur
5 December 2018
Apakah kamu salah satu orang yang suka ngemil atau makan di atas kasur? Beberapa orang sering melakukan hal ini karena dianggap menyenangkan dna bisa bersantai, namun ternyata ada akibat makan di tempat tidur yang tidak disadari. Kira-kira apa saja?  Selengkapnya
Rekomendasi: Kasur Paling Bagus dan Murah
10 November 2018
Banyak orang yang tidak tahu seperti apa kasur paling bagus di Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang seseorang mengeluhkan kasur yang baru dibelinya. Ketahui kriteria dan harga kasur paling murah dan berkualitas dalam artikel ini! Selengkapnya
CS1