Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
cara-membersihkan-kasur-berjamur-inthebox.jpeg

5 Cara Membersihkan Kasur Berjamur dan Perawatannya

13 August 2018

Jamur biasanya akan muncul di tempat yang lembap dan tentunya ini akan berpengaruh juga pada kondisi kesehatan kita, apalagi jika sampai jamur ikut terhirup. Nah, banyak yang tidak sadar kalau jamur bisa muncul di kasur dan sayangnya banyak juga yang tidak tahu cara membersihkan kasur berjamur.

Selain mengetahui cara menghilangkan jamur dari kasur, kamu juga perlu tahu apa saja perawatan yang perlu dilakukan agar jamur tak muncul lagi. Ini cara membersihkan kasur berjamur dengan cepat dan mudah:

1. Jemur Kasur Secara Rutin

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan jamur di kasur adalah dengan menjemur kasur di bawah terik matahari secara rutin. Cara ini dinilai sangat efektif karena kuman, bakteri, mikroorganisme, dan jamur akan hilang dari kasur.

Ada baiknya kamu menjemur kasur minimal dua minggu sekali agar terbebas dari serangan jamur. Perlu diketahui bahwa meskipun kamar kamu tidak lembap, ada kemungkinan kasur bisa tetap lembap, terutama pada permukaan bawahnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa kamu harus melepas seprai saat menjemur di bawah terik matahari sebagai cara membersihkan kasur dari jamur yang efektif. Kamu juga disarankan untuk menepuk-nepuk permukaan kasur yang dijemur agar tak ada debu yang menempel.

2. Segera Cuci & Jemur Kasur yang Kena Noda

Cara membersihkan kasur berjamur yang selanjutnya adalah dengan segera mencuci kasur ketika terkena noda, apalagi jika noda tersebut berupa cairan. Beberapa contoh nodanya yaitu seperti ompol bayi, tumpahan minuman manis, dan tumpahan makanan berkuah.

Kalau hal ini terjadi, jangan ditunda lagi!

Segera cuci kasir atau spring bed kamu agar noda tersebut tidak melekat pada aksur dan bisa dengan mudah dibersihkan. Kalau kamu membiarkan noda basah seperti itu di atas kasur, maka dapat dipastikan kalau kasur akan berjamur.

3. Jangan Cuci Kasur Pakai Banyak Air

Tak jarang seseorang berpikir bahwa cara membersihkan kasur berjamur adalah dengan mencucinya. Sebenarnya cara ini benar dan tidak salah sama sekali, namun ada hal yang harus kamu perhatikan ketika memutuskan untuk mencuci kasur atau spring bed.

Usahakan untuk mencuci kasur dengan komposisi air atau sabun yang pas dan tidak terlalu banyak. Penggunaan air yang terlalu banyak malah akan membuat kasur jadi lebih lama kering. Kondisi ini bisa saja membuat kasur jadi lembap dan bahkan jamur di kasur malah jadi bertambah banyak.

4. Hindarkan Kasur dari Air

Langkah selanjutnya adalah menghindarkan kasur dari air. Eits, bukan berarti kasur tidak boleh dicuci, ya. Maksud menghindarkan kasur dari air ini adalah jangan sampai kasur terkena air terus-menerus setiap harinya. Misalnya ada kebocoran, kamu juga harus memindahkan kasur.

Ketika kasur, khususnya spring bed terkena air secara terus-menerus dalam jumlah banyak, maka jamur akan muncul. Kamu juga akan percuma menghilangkan jamur jika kasur masih terus terkena air. Oleh karena itu, perhatikan hal ini sebelum kamu melakukan cara membersihkan kasur berjamur, ya!

5. Lapisi Kasur dengan Seprai

Melapisi kasur, khususnya kasur busa menggunakan seprai atau sprei perlu dilakukan setelah melakukan berbagai cara membersihkan kasur berjamur. Apa tujuannya? Sebuah seprai akan membantu tumpahan air tertahan dan tidak langsung menyerap ke dalam kasur.

Kalau ternyata kamu punya bayi, sebaiknya lapisi juga kasur dengan perlak pelapis agar ompol bayi tidak terkena permukaan kasur. Dengan demikian, kasur kamu pun akan bebas dari bahaya jamur akibat terkena ompol bayi.

Nah, itu dia beberapa poin mengenai cara membersihkan kasur berjamur yang dilengkapi juga dengan cara merawatnya. Kalau ternyata jamur yang ada di kasur sudah tidak bisa diatasi, kamu bisa pilih kasur INTHEBOX yang pasti awet.

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Kasur INTHEBOX X, Spring Bed Pilihan Raffi Ahmad
31 August 2019
Kasur INTHEBOX X adalah inovasi terbaru yang dirancang dengan desain lebih elegan. Memiliki banyak kelebihan, spring bed INTEBOX X menjadi pilihan Raffi Ahmad untuk memberikan kenyamanan tidur bagi keluarga kecilnya. Selengkapnya
Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur? Ini 9 Penyebabnya!
8 November 2019
Selain pusing saat bangun tidur, kamu pernah merasa telapak kaki sakit saat bangun tidur? Rasa nyeri bisa hilang dengan sendirinya, namun terkadang juga perlu penanganan khusus. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya
Ukuran Bantal Sesuai Jenisnya (Dilengkapi Tips Memilih)
16 October 2018
Ukuran bantal berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Meski ada ukuran standar, para produsen biasnaya menyesuaikan lagi berdasarkan kebutuhan konsumennya.Kira-kira jenis dan ukuran mana yang cocok untuk kamu? Yuk, cek di sini! Selengkapnya
CS1