Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
makanan-yang-bikin-ngantuk-inthebox.jpg

13 Makanan yang Bikin Ngantuk (Bukan Kangkung)

12 February 2020

Apakah makan kangkung bikin ngantuk? Faktanya, ada banyak makanan yang bikin ngantuk dan tanpa sadar sering kita konsumsi. Bukan hanya karena kurang tidur, bisa saja rasa kantuk berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Kira-kira apa saja makanannya? 

Daftar Makanan yang Bikin Ngantuk Setelah Dimakan Berlebihan

Kalau kamu sering merasa tiba-tiba mengantuk, terutama setelah jam makan siang, coba ingat-ingat lagi apa menu makan siang kamu. Jika tidak ingin ngantuk di siang hari, maka batasi konsumsi makanan ini:

1. Nasi Putih

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi putih akan menciptakan perasaan yang tenang dan rileks. Oleh karena itu, makan nasi bisa bikin kamu ngantuk. Tak heran jika kita merasa ngantuk setelah makan siang. Itu tandanya kamu makan nasi putih terlalu banyak. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa makan nasi putih sebanyak 2,5 cangkir empat jam sebelum tidur bisa membuat lebih cepat tidur.

2. Susu Hangat

Susu adalah salah satu yang bisa bikin ngantuk karena mengandung kalsium, triptofan, dan vitamin D. Segelas susu hangat akan membuat tubuh lebih rileks. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ini juga bisa membuat kamu menjadi lebih cepat mengantuk.

3. Keju

Keju merupakan produk olahan susu dan tergolong ke dalam makanan yang membuat ngantuk. Ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalsium dalam keju. Otak pun akan terbantu untuk lebih banyak menghasilkan melatonin, sehingga akan lebih cepat mengantuk.

4. Telur

Makanan yang membuat ngantuk berikutnya adalah telur karena memiliki kandungan vitamin D alami. Banyak sumber mengatakan bahwa beberapa penelitian menyatakan ini dapat berdampak pada kualitas tidur. Meskipun demikian, asupan vitamin D harus tetap cukup karena seseorang yang kurang vitamin D akan mengalami gangguan tidur dan ini biasanya dialami oleh pria.

5. Kacang Kenari

Melatonin di dalam kacang kenari membuat kamu mengantuk lebih cepat. Kamu tidak perlu menghindarinya karena manfaat kacang kenari juga ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. Kamu hanya perlu membatasi konsumsinya pada siang hari agar lebih produktif.

6. Pisang

Tak disangka, ternyata buah pisang adalah salah satu makanan yang bikin ngantuk berat. Hal ini disebabkan oleh kandungan buah pisang yang terdiri dari magnesium dan kalium yang mampu menenangkan saraf. Selain itu, adanya kandungan vitamin B6 yang tinggi ternyata mampu mengubah triptofan menjadi serotonin, sehingga tubuh lebih rileks.

7. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah salah satu makanan laut yang super sehat karena memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa vitamin B6 ternyata mampu meningkatkan produksi melatonin dan serotonin yang menyebabkan tubuh lebih cepat mengantuk.

8. Ceri

Buah ceri yang tergolong kecil ternyata mengandung melatonin yang sangat tinggi. Buah kecil yang satu ini baru akan berperan menjadi makanan yang membuat ngantuk jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

9. Oatmeal

Banyak orang yang mengonsumsi oatmeal untuk menu sarapan. Hal ini tidak salah, namun kamu perlu berhati-hati jika mengonsumsinya terlalu banyak. Selain mengandung melatonin, oatmeal juga bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Akhirnya bukan hanya kenyang, kamu bisa bisa merasa mengantuk.

10. Kacang Almond

Jika tadi kita sudah membahas kacang kenari, ternyata almond juga bisa bikin cepat ngantuk kalau dimakan terlalu banyak. Tingginya kandungan magnesium dan triptofan akan membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Pastikan kamu tidak makan terlalu banyak kacang almond sebelum beraktivitas atau berkendara.

11. Salad

Salad adalah makanan sehat yang biasa dikonsumsi saat diet karena hanya mengnadung sekitar 200 kalori. Ternyata, ada beberapa komposisi salad yang membuat makanan sehat ini jadi salah satu makanan yang bikin ngantuk. Tambahan madu mustard sebagai sausnya ternyata akan mampu membuat kamu menjadi lebih cepat ngantuk.

12. Roti Gandum

Roti gandum juga biasa dikonsumsi sebagai makanan untuk diet. Kandungan glukosa di dalam roti gandu bisa menaikkan energi dengan sangat cepat. Sayangnya, kadar glukosa tersebut bisa cepat turun, sehingga tubuh akan menjadi cepat lemas. Inilah yang membuat kamu ngantuk di pagi hari jika makan roti gandum berlebihan.

13. Selada

Jenis makan terakhir adalah selada. Sayuran yang tinggi serat ini ternyata bisa membuat cepat ngantuk karena mengandung lactucarium yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa lactucarium adalah zat alami yang bikin ngantuk.

Itu dia beberapa jenis makanan yang bikin ngantuk. Sekali lagi, makana tersebut jangan dihindari, namun kamu hanya perlu membatasi asupannya.Hal yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan tidur harian kamu. Pastikan tidur cukup dan nyenyak dengan menggunakan Kasur INTHEBOX. Dibuat dari material berkualitas dengan harga terjangkau. Cek pilihan produknya di sini!

ARTIKEL LAINNYA

5 Posisi Tidur agar Bayi Tidak Sungsang (Nyaman)
15 October 2019
Mau bisa melahirkan normal? Coba posisi tidur agar bayi tidak sungsang yang juga nyaman bagi calon ibu. Sangat mudah dilakukan dan dijamin bisa tidur nyenyak. Cek posisi tidurnya dalam artikel ini! Selengkapnya
Kasur Kapuk: Kelebihan, Kekurangan, Harga
19 August 2018
Pernah atau masih pakai kasur kapuk? Pernah menjadi primadona, kini jenis kasur ini mulai sulit ditemukan karena popularitasnya mulai kalah dengan kasur spring bed dan latex. Pada artikel ini, kita bahas juga kelebihan dan kekurangan kasur busa. Selengkapnya
8 Dampak Positif Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan
28 January 2021
Kita mungkin sudah tahu kalau tidur lebih awal memiliki dampak positif bagi kesehatan. Namun masih banyak dari kita yang abai dan membiasakan tidur saat larut malam. Kenali manfaat tidur lebih demi hidup lebih sehat: Selengkapnya
CS1