Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
posisi-tidur-ibu-hamil-dengan-plasenta-previa-inthebox.jpeg

Posisi Tidur Ibu Hamil dengan Plasenta Previa yang Aman!

2 January 2020

Posisi tidur saat hamil tidak boleh sembarangan karena bisa berdampak terhadap janin. Jika mengalami kondisi tertentu, bahkan perlu konsultasi ke dokter kandungan. Salah satu yang harus diketahui adalah posisi tidur ibu hamil dengan plasenta previa. 

Apa Itu Plasenta Previa?

Plasenta previa adalah kondisi plasenta berada di bagian bawah rahim. Ini membuat jalan lahir tertutup sebagian atau keseluruhan. Bukan hanya itu plasenta previa juga bisa menyebabkan pendarahan hebat saat sebelum atau ketika melahirkan.

Pada kondisi normal, plasenta berada di bagian bawah rahim ketika awal kehamilan, namun selnajutnya akan bergerak ke atas. Jika ibu hamil mengalami plasenta previa, maka plasenta tidak bergerak meski sudah mendekati persalinan.

Tanda atau gejala plasenta previa adalah muncul pendarahan dari vagina pada akhir trimester dua atau awal trimester tiga. Kondisi ini bisa berulang dan umumnya terjadi setelah berhubunga intim saat hamilyang disertai dengan kram perut.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil dengan Plasenta Previa

Ibu hamil dengan plasenta previa biasanya akan disarankan untuk istirahat total atau bed rest. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya pendarahan saat hamil.

Posisi tidur ibu hamil dengan plasenta previa sebenarnya tergantung pada situasi dan kondisi yang dialami. Selain itu, perlu dipertimbangkan pula hasil pemeriksaan dokter apakah mengalami komplikasi atau tidak.

Pada umumnya, dokter kandungan akan menyarankan:

1. Posisi Tidur Miring ke kiri

Posisi tidur saat hamil yang satu ini banyak direkomendasikan karena dapat memberikan kenyamanan dan paling aman. Khusus posisi tidur untuk plasenta previa, disarankan untuk menekuk lutut atau bisa juga dengan menyimpan bantal di antara lutut.

2. Posisi Tidur Telentang

Ibu hamil juga bisa tidur dengan posisi telentang, namun dibutuhkan penyangga di bagian punggung, seperti bantal yang nyaman. Selain iu, bisa juga dengan menekuk kaki. Pastikan posisi pinggul lebhi tinggi daripada pundak.

Lalu, bagaimana jika tidak sengaja berganti posisi waktu tidur?

Hal ini tidak masalah, sehingga kamu tidak perlu panik. Meskipun demikian, jika tersadar, maka segeralah ubah posisi tidur sesuai dengan yang disarankan.

Kasur untuk Ibu Hamil yang Nyaman

Pemilihan perlengkapan tidur untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Kenyamanan tidur adalah hal yang utama karena calon ibu harus istirahat yang cukup.

Salah satu merek kasur yang bagus untuk ibu hamil adalah INTHEBOX. Spring bed INTHEBOX dirancang dengan material berkualitas yang mebuat tidur menjadi lebih nyaman. Kasur spring bed ini mampu menyangga tulang punggung dengan baik. Ini mampu membantu mengatasi nyeri punggung saat hamil.

Kamu juga bisa pilih bantal guling INTHEBOX dengan ukuran dan tingkat ketebalan yang pas. Segera cek pilihan produk INTHEBOX di sini!

ARTIKEL LAINNYA

Kelebihan Kasur INTHEBOX X, Spring Bed Pilihan Raffi Ahmad
31 August 2019
Kasur INTHEBOX X adalah inovasi terbaru yang dirancang dengan desain lebih elegan. Memiliki banyak kelebihan, spring bed INTEBOX X menjadi pilihan Raffi Ahmad untuk memberikan kenyamanan tidur bagi keluarga kecilnya. Selengkapnya
6 Ukuran Kasur yang Perlu Kamu Ketahui!
3 December 2020
Bingung memiih ukuran kasur yang tepat untuk kamar tidurmu? Di artikel ini, INTHEBOX akan mengulas semua ukuran kasur yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa memilih ukuran kasur yang sesuai. Ukuran kasur disertai gambar yang membantu kamu semakin mengerti. Selengkapnya
Ini Waktu Paling Tepat Untuk Mengganti Sprei
5 February 2021
Tidak menyempatkan waktu untuk mengganti sprei secara berkala bisa berakibat buruk bagi kesehatan lho, apalagi kalau kamu sampai lupa kapan terakhir kali sprei di kamarmu diganti. Baca selengkapnya untuk tahu waktu yang paling tepat untuk ganti sprei. Selengkapnya
CS1