Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
travis-yewell-F-B7kWlkxDQ-unsplash-min1.jpg

Bolehkah Mendengarkan Musik Sambil Tidur?

21 December 2020

Musik atau lagu sudah menjadi bagian hidup yang sulit dipisahkan dari keseharian kita. Kita mendengarkan musik saat di perjalanan, berlari, bekerja, menulis, dan kegiatan lainnya yang biasa kita lakukan sambil ditemani lantunan musik. Namun, bagaimana kalau kita mau beristirahat? Bolehkah mendengarkan musik atau lagu sebelum tidur?

Tidak sedikit orang yang mendengarkan musik saat tidur. Karena mereka merasa musik atau lagu yang santai bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, kemudian tubuh diharapkan lebih cepat mengantuk dan tertidur. Baca tulisan ini sampai selesai untuk mengetahui fakta seputar mendengarkan musik saat tidur!

Musik Membantu Kamu Tertidur

Menurut penelitian, musik bisa membantu seseorang tertidur. Namun harus diperhatikan jenis musik yang didengarkan. Musik dengan tempo lambat dan lembut akan membantumu tertidur. 

Ada baiknya mulai mendengarkan musik sekitar 45 sebelum kamu bersiap tidur. Disarankan mendengarkan lagu dengan 60 beat per menit, karena mampu membantu memperlambat detak jantung sehingga lebih siap untuk beristirahat.

Bagi yang memiliki masalah tidur pun bisa dibantu oleh musik dan mata pun akan lebih cepat terpejam.

Sebaiknya pilih musik yang tidak berisi kata-kata apalagi musik yang mampu membuat kita emosional. 

Bahaya Mendengarkan Musik Saat Tidur

Tidak apa-apa mendengarkan musik sambil tidur. Namun jangan menggunakan alat bantu seperti earphone atau headphone untuk mendengarkan musik saat tidur, karena bisa membahayakan.

Itu bisa membuat telinga tidak nyaman, apalagi kalau kita bergerak saat terlelap. Saluran telinga bisa sakit akibat gesekan dengan earphone atau headphone yang dipakai. Selain itu, kotoran bisa semakin menumpuk dan sirkulasi udara terganggu karena lubang telinga tertutup dalam waktu yang lama.

Dalam waktu yang lama, hal ini bisa membuat fungsi pendengaran menurun.

Bagaimana Cara Mendegarkan Musik Saat Tidur yang Disarankan?

Jenis musik yang sebaiknya didengarkan saat tidur bisa disesuaikan dengan pilihan masing-masing orang. Namun ada hal yang harus diperhatikan:

  • Beat tidak lebih dari 80 per menit. Semakin lambat semakin baik.
  • Gunakan speaker dengan pengaturan volume yang rendah.
  • Jangan dengarkan musik dengan lirik, karena bisa membuat otak terlalu aktif.
  • Redupkan atau matikan lampu untuk membantu tidur.
  • Pastikan suhu ruangan sejuk.
  • Gunakan kasur yang nyaman.

---

Namun kalau kamu memiliki masalah tidur yang cukup serius, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Agar kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat terkait tidurmu. 

ARTIKEL LAINNYA

9 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Bikin Gemuk?
28 December 2018
Punya kebiasaan minum susu sebelum tidur malam? Bukan hanya membantu tidur lebih nyenyak, ternyata ada banyak manfaat minum susu sebelum tidur. Temukan beragam khasiat lainnya dalam bahasan kali ini. Temukan juga fakta mengenai minum susu sebelum tidur bikin gemuk! Selengkapnya
4 Cara Cepat Mengatasi Sembelit Secara Alami Tanpa Obat
26 July 2022
Sembelit atau biasa juga dikenal dengan konstipasi merupakan kondisi kesehatan yang identik dengan mengalami sulit buang air besar, dan beberapa kondisi lainnya. Selengkapnya
Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur (Cepat & Ampuh)
6 January 2019
Ketika anak sakit batuk, ada kemungkinan ia akan terbangun di malam hari. Kalau sudah begini, kita pasti akan sangat tidak tega karena istirahatnya pun jadi terganggu. Pada artikel kali ini, inthebox akan mengulas cara mengatasi batuk pada anak saat tidur dan sekilas tentang posisi tidur saat batuk. Selengkapnya
CS1