Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
gelisah-saat-tidur-inthebox.jpg

5 Penyebab Gelisah Saat Tidur Malam & Cara Mengatasinya

5 November 2018

Punya masalah tidur tentu akan sangat mengganggu karena tubuh jadi sulit beristirahat dengan maksimal. Salah satu jenis gangguan tidur yang cukup mengganggu adalah gelisah saat tidur. Kondisi ini menyebabkan kita susah tidur atau bahkan sering terbangun di malam hari. Kira0kira apa penyebab gelisah saat tidur malam?

Penyebab Gelisah Saat Tidur

Kalau kamu sering gelisah ketika tidur, sebaiknya segera ketahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini tak bisa disepelekan karena jiia dibiarkan bisa memicu masalah kesehatan di jangka panjang.

Berikut ini beberapa penyebab gelisah saat tidur malam dan mengatasinya versi inthebox:

1. Banyak Pikiran dan Stres

Ketika sedang banyak pikiran atau stres, tentunya otak akan bekerja lebih keras. Secara tak sadar, kamu akan merasa lebih cemas daripada biasanya. Kondisi inilah yang membuat kamu gelisah saat tidur karena pikiran sedang tidak tenang.

Jika hal ini dibiarkan, maka bisa saja kamu akan menderita insomnia yang lebih parah di kemudian hari. Oleh karena itu, kamu harus segera cari tahu cara mngatasi gelisah saat tidur. Faktanya, penyebab ini hanya bisa diatasi dengan menyelesaikan terlebih dahulu masalah yang sedang dipikirkan lalu menenangkan diri.

2. Menderita Penyakit

Penyebab gelisah saat tidur malam yang berikutnya adalah sedang menderita penyakit tertentu. Ketika sakit, biasanya tubuh akan lebih mudah merasakan sakit kepala, sakit punggung, atau bahkan linu di sekujur tubuh.

Bukan hanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang nyeri, ternyata gelisah saat tidur juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat. Ya, obat-obatan memang bisa membantu kita beristirahat, namun ada juga obat-obatan yang malah memiliki efek samping, sehingga membuat gelisah atau susah tidur malam. Kalau sudah merasa terganggu, cara mengatasinya adalah berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan dosis obat yang dikonsumsi.

3. Perubahan Hormon

Adanya perubahan hormon pad atubuh juga bisa menjadi penyebab gelisah saat tidur malam. Kondisi ini bisa dikatakan sulit dihindari dan juga diatasi. Bagaimana tidak? Umumnya rasa gelisah terjadi ketika seseorang berada di masa transisi menopause atau yang biasa disebut perimenopause.

Kondisi lain yang berkaitan dengan perubahan hormon ini juga seperti saat sedang menstruasi atau sedang dalam masa hamil. Bisa dikatakan memang akan lebih dialami oleh wanita dan sama sekali tidak bisa dihindari.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Kalau kamu tidak mau gelisah saat tidur, maka ubahlah pola makan!

Cobalah untuk mengurangi konsumsi karbohidrat, terutama sebelum tidur. Bukan hanya nasi atau kentang, namun kamu juga harus membatasi makan makanan bertepung. Makanan berkarbohidrat akan membuat sistem pencernaan bekerja keras, sehingga perut akan terasa kembung dan memicu rasa gelisah ketika tidur.

5. Pakai Gadget Terlalu Lama

Penyebab yang terakhir adalah telalu lama menggunakan gadget sebelum tidur, terlebih lagi aklau kamu aktif menggunakan komputer atau laptop. Apa hubungannya? Ternyata “sinar biru” yang dipancarkan dari layar gadget bisa menekan produksi hormon melatonin yang mengatur rasa ngantuk. Cara mengatasi gelisah saat tidur terkait hal ini adalah tidak menggunakan gadget satu jam sebelum tidur.

Cara Mengatasi Gelisah Saat Tidur

Sudah tahu ‘kan apa saja penyebab gelisah saat tidur malam?

Nah, solusi atau cara mengatasi gelisah saat tidur yang paling mudah, tepat, dan efektif adalah menghindari penyebab-penyebabnya. Tak cukup sampai di situ, pastikan kamu tidur di atas kasur yang nyaman seperti spring bed INTHEBOX. Sudah banyak yang membuktikan kenyamanannya, jadi kamu tak perlu ragu lagi!

ARTIKEL LAINNYA

Posisi Tidur Saat Haid, Bebas Nyeri & Anti Tembus
28 August 2018
Nyeri saat haid seringkali dialami oleh sebagian wanita dan bahkan cukup mengganggu ketika tidur. Bukan hanya itu, banyak juga yang mengalami tembus atau bocor ke kasur saat menstruasi. Yuk, ketahui posisi tidur saat haid yang bebas nyeri dan anti tembus! Selengkapnya
7 Aroma Pengharum Ruangan yang Cocok untuk Kamar Tidur
19 January 2021
Ingin kamar tidurmu jadi harum tapi bingung harus memilih aroma apa? INTHEBOX rekomendasikan 7 aroma pengharum ruangan yang cocok untuk kamar tidur kamu demi tidur yang lebih nyaman. Selengkapnya
8 Dampak Positif Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan
28 January 2021
Kita mungkin sudah tahu kalau tidur lebih awal memiliki dampak positif bagi kesehatan. Namun masih banyak dari kita yang abai dan membiasakan tidur saat larut malam. Kenali manfaat tidur lebih demi hidup lebih sehat: Selengkapnya
CS1