Garansi 10 Tahun
Free Shipping pulau Jawa & Sumatera
pexels-cottonbro-5902894-min.jpg

Bingung Bagaimana Cara Mencuci Sprei yang Tepat? Begini Caranya!

25 February 2021

Sprei kasur di kamar tidur memang harus rutin diganti dan dicuci. Mencuci sprei juga tidak boleh sembarangan, karena bisa berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan kamu.

Pastikan kamu punya beberapa pilihan sprei lainnya. Jadi ketika spreimu hendak dicuci, sprei lain bisa dipakai sambil menunggu sprei yang baru akan dicuci. 

Agar sprei awet dan selalu nyaman saat digunakan, maka perhatikan cara kamu mencucinya. INTHEBOX akan berbagi cara mencuci sprei yang tepat!


Cara Mencuci Sprei yang Tepat

1. Perhatikan Label Instruksi Perawatan

Sebelum mencuci sprei. Direkomendasikan untuk membaca dulu label instruksi perawatan pada sprei. Agar kita tahu bagaimana cara mencuci sprei yang tepat. Sprei tertentu memiliki cara perawatan khusus yang harus dilakukan. Namun kalau tidak ada instruksi khusus, kebanyakan sprei bisa dicuci di rumah menggunakan mesin cuci.

2. Cuci Sprei Secara Rutin

Cucilah sprei setidaknya paling lama dua minggu sekali. Kuman dan kotoran yang menumpuk pada sprei setelah digunakan untuk beristirahat, harus dibersihkan berkala demi kenyamanan saat beristirahat.

3. Pisahkan Sprei dari Cucian Lain

Ada baiknya memisahkan sprei dengan cucian lainnya. Karena perbedaan jenis bahan dan warna dengan cucian lain bisa mempengaruhi kualitas sprei ketika dicuci bersamaan.


4. Periksa Noda di Sprei, Lalu Bersihkan

Akan lebih praktis kalau kita langsung memasukkan sprei ke mesin cuci dan menunggunya hingga selesai. Namun terkadang ada noda yang sulit hilang hanya dengan mesin cuci.

Periksa permukaan kain sprei sebelum dicuci. Kalau ada noda, sebaiknya dibersihkan terlebih sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

5. Jangan Dicuci Terlalu Keras

Karakter kain sprei biasanya lembut dan cukup tipis. Memilih mode mencuci yang terlalu keras tentu  bisa mengurangi kualitas dari sprei. Cara mencuci sprei yang tepat adalah dengan menyesuaikan mode mencuci ke pengaturan yang lebih rendah.

6. Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sprei yang dijemur di bawah sinar matahari secara langsung bisa membuat warnanya menjadi pudar. Menjemur sprei di bawah sinar matahari langsung juga secara perlahan bisa mengurangi kelembutan sprei.

7. Setrika Sprei Secukupnya

Setelah dijemur dan dicuci dengan tepat. Sprei cukup disetrika dengan cepat sampai sprei sudah cukup rapi. Sesuaikan suhu dan jangan dibiarkan terlalu panas. 


ARTIKEL LAINNYA

Rekomendasi: Kasur Paling Bagus dan Murah
10 November 2018
Banyak orang yang tidak tahu seperti apa kasur paling bagus di Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang seseorang mengeluhkan kasur yang baru dibelinya. Ketahui kriteria dan harga kasur paling murah dan berkualitas dalam artikel ini! Selengkapnya
Tidur Ayam (Power Nap): Penyebab dan Manfaat
13 November 2018
Istilah tidur ayam mungkin masih asing bagi sebagian orang. Umumnya, ini dikenal dengan power nap. Ini adalah tidur selama 15 - 30 menit sekitar pukul 13.00 – 15.00. Percaya atau tidak, manfaat tidur ayam bisa membuat seseorang jadi sukses. Benarkah? Selengkapnya
3 Posisi Tidur Setelah Melahirkan (Paling Nyaman)
18 November 2018
Banyak orang yang sangat memerhatikan posisi tidur saat hamil, namun tahukah kamu kalau posisi tidur setelah melahirkan juga penting? Posisi tidur yang tepat akan mampu meredakan nyeri dan bahkan turut membantu mempercepat pemulihan luka pasca melahirkan normal maupun caesar. Selengkapnya
CS1